Selamat datang di blog jualan online kreasi handmade unik bunga imut dari kain dan pita dengan harga murah

Jenis Pita Kain

Pita sebagai bahan hiasan untuk mempercantik sesuatu sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Tetapi tidak semua orang mengerti jika pita bukan hanya mempunyai banyak motif dan warna, pita juga memiliki serat yang berbeda. Serat pita berasal dari serat alami seperti linen, katun, dan sutera, dan  juga serat sintetik seperti polyester, nylon dan acrilic. Perbedaan serat pita membuat perbedaan pula dalam penggunaannya. Ada yang hanya cocok dibuat sebagai pembungkus kado, tetapi tidak cocok sebagai hiasan pakaian ataupun aksesoris, begitupun sebaliknya. Untuk itu tentukan terlebih dahulu apa tujuan hiasan pita dibuat sebelum menggunakannya.

Beberapa jenis pita yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan diantaranya :

Pita Grosgrain

  
Serat dari jenis pita ini adalah sutera. Jenis pita lebih berat dan tebal. Tekstur pita grosgrain halus dan lembut walaupun bermotif garis. Banyak digunakan sebagai hiasan kotak kado dan keranjang hantaran karena gampang dilekatkan pada rotan, kertas, dan carton. Sebagian orang juga menggunakan jenis pita ini untuk membuat bros atau hiasan rambut.

Pita Satin

Serat dari jenis pita ini adalah polyster. Ciri khas dari pita satin adalah permukaan yang mengkilap dan licin, bagian belakang permukaan satin sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap. Jenis pita ini paling banyak tersedia di pasaran. Pita ini bisa diaplikasikan ke semua teknik sulam pita, banyak digunakan sebagai aksesoris pakaian dan pita rambut.

Pita Organdy

Pita Organdy atau pita organza atau pita kaca, adalah pita yang terbuat dari bahan organdy. Tesktur dan efek tampilannya yg lembut dan halus cocok untuk diaplikasikan ke semua tekni sulam pita. Jenis Pita yang tepat pula untuk pembuatan bunga pita karena akan memberikan aksen yang lebih hidup. Pita ini sangat tipis di bagian tengah, dan bagian pinggir terikat ke luar. Gaun pengantin atau pakaian yang terbuat dari sutra dan border lebih banyak menggunakan pita jenis ini untuk mendapatkan hasil lebih mewah.

Pita Sifon
Pita jenis ini dibuat dari kain chiffon (sifon) yang menggunakan serat sutra, katun, rayon, nilon ataupun polyester. Pita sifon tipis, ringan, dan juga transparan, tampilannya hampir sama dengan pita organdy hanya saja teksturnya lebih kasar sehingga harganya pun lebih murah dari organdy.

Pita Jacquard

Pita Jacquard adalah jenis pita bermotif tenunan yang dibuat dengan alat tenun jacquard. Pita jenis ini terdiri dari berbagai komposisi dan pola benang, motifnya sangat beragam, namun demikian pita ini cukup kuat dan awet bila dibuat untuk kerajian.

-